Beberapa Jenis Olahraga untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Beberapa Jenis Olahraga untuk Menjaga Kesehatan Jantung,- Jantung merupakan salah satu organ vital pada tubuh manusia di antara beberapa jenis organ yang sudah kita kenal. Fungsi jantung yaitu sebagai organ yang memompa darah yang membawa oksigen dan sari-sari makanan yang dialirkan keseluruh tubuh manusia. Oleh karena itulah, setiap dari kita harus selalu menjaga dan memperkuat kesehatan organ jantung tersebut.

Beberapa Jenis Olahraga untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga kesehatan jantung tak hanya dilakukan dengan menjaga berat badan dan mengonsumsi makanan sehat. Melakukan olahraga yang tepat juga bisa sangat membantu untuk menjaga jantung agar tetap sehat. Peneliti merekomendasikan untuk melakukan beberapa jenis olahraga tertentu selama setidaknya 150 menit atau 75 menit setiap minggunya.

Berikut Beberapa Jenis Olahraga untuk Menjaga Kesehatan Jantung


1. Jalan Sehat
Tubuh manusia diciptakan untuk berjalan, tak hanya duduk dan bermalas-malasan. Anda bisa melakukan jalan sehat, jalan santai, atau jalan cepat untuk meningkatkan kebugaran secara alami. Jangan lupa untuk menggunakan sepatu yang nyaman dan bisa mendukung olahraga yang Anda lakukan. Dengarkan juga lagu untuk membuat Anda tetap bersemangat.

2. Berlari
Berlari terasa lebih menantang dibandingkan hanya berjalan, dan aktivitas olahraga ini juga baik untuk kesehatan jantung. Ditambah lagi, berlari adalah olahraga yang cocok untuk membakar kalori dan menurunkan berat badan. Tak hanya mengurangi risiko penyakit jantung, berlari juga bisa menurunkan risiko obesitas. Jika Anda jarang berlari, mulailah dengan berjalan cepat selama satu sampai dua menit, kemudian berlarilah selama lima menit dengan disertai berjalan.

3. Berenang
Kolam renang bisa jadi salah satu tempat nyaman untuk bermalas-malasan. Namun juga bisa digunakan untuk berolahraga dan membuat tubuh lebih sehat. berenang bisa meningkatkan detak jantung dan membantu menjaga jantung agar tetap sehat. Berolahraga di dalam air juga memperkuat otot serta membentuk tubuh Anda. Jika Anda memiliki masalah dengan persendian dan sulit untuk melakukan olahraga lari, berenang bisa jadi salah satu alternatif yang tepat.

4. Bersepeda
Aktivitas sehat lain yang baik untuk jantung sekaligus baik untuk menjaga kesehatan persendian adalah dengan bersepeda. Anda bisa bersepeda sambil berangkat ke kantor jika memungkinkan. Selain menyehatkan jantung, bersepeda juga membantu Anda menguatkan otot bagian paha dan kaki, serta membantu Anda mengurangi lemak pada tubuh bagian bawah.

5. Olahraga Interval
 Olahraga interval adalah serangkaian latihan fisik yang diulang-ulang dan diselingi dengan waktu istirahat. Anda bisa melakukan olahraga kardio selama tiga menit, strength training selama tiga menit, dan lainnya. Olahraga ini tak hanya membantu menyehatkan jantung tetapi juga membuat Anda membakar lebih banyak lemak. Jantung sehat, tubuh pun menjadi lebih langsing.

Itulah Beberapa Jenis Olahraga untuk Menjaga Kesehatan Jantung yang bisa Anda lakukan untuk menyehatkan jantung. Namun jika Anda pernah memiliki masalah jantung atau masalah kesehatan lain, sebaiknya konsultasikan rencana olahraga Anda terlebih dahulu sebelum melaksanakannya.

sumber : merdeka.com

Itulah informasi seputar Beberapa Jenis Olahraga untuk Menjaga Kesehatan Jantung yang dapat saya berikan. Semoga saja informasi ini dapat membantu semuanya dalam menjaga agar jantung kita agar bisa tetap sehat.


Beberapa Jenis Olahraga untuk Menjaga Kesehatan Jantung

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More