Makanan Yang Baik Bagi Penderita Penyakit Jantung

Pada pagi kali ini, kami akan berbagi informasi seputar Makanan Yang Baik Bagi Penderita Penyakit Jantung yang mungkin belum anda ketahui.

Makanan Yang Baik Bagi Penderita Penyakit Jantung

Makanan sehat untuk penderita jantung mulai dari yoghurt sampai teh hijau memiliki kandungan fitonutrien tinggi yang dapat mencegah dan memperbaiki kerusakan sel. Inilah esensi dari pencegahan penyakit jantung.

“Ada banyak sekali buah-buahan dan sayuran dalam berbagai warna, bentuk, dan ukuran yang baik bagi kesehatan jantung Anda, dan Anda pasti dapat mengurangi resiko terkena penyakit kardiovaskular dengan mengonsumsi makanan ini setiap hari.”” kata Julia Zumpano, RD, LD, seorang ahli diet dari The Cleveland Clinic. “

Memang, produk buah dan sayuran segar merupakan makanan pokok untuk jantung yang sehat karena mereka membantu menghapus radikal bebas dalam aliran darah serta dapat melindungi pembuluh darah.

Begitu juga dengan biji-bijian, kacang-kacangan, ikan, dan teh sama pentingnya dengan menawarkan segala macam khasiat untuk melindungi jantung dengan fitonutrien yang kompleks.

Semua orang mencari yang satu makanan ajaib untuk jantung sehat namun sebenarnya jantung sehat tidak di dapat dari satu atau beberapa jenis makanan saja. Anda perlu mengkonsumsi beragam jenis makanan yang mengandung aneka nutrisi yang berbeda.

Berikut Adalah Beberapa Makanan Yang Baik Bagi Penderita Penyakit Jantung :


1. OAT
Oat merupakan satu dari sekian banyak olahan gandum yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung. Oat berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, serta dapat menjaga kesehatan jantung anda. Oat juga kaya akan lemak sehat, asam lemak yang tinggi yang bisa menjaga bahkan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh anda.

Maka dari itu, oat dipercaya serta dianjurkan dikonsumsi setiap hari. Makan pagi hari sebagai menu breakfast anda, maka dengan begitu anda sudah berperan aktif untuk menjaga kesehatan jantung anda. Satu lagi, segeralah untuk menambahkan oat kedalam menu sarapan anda untuk hari ini, esok dan seterusnya.

2. Yogurt.
Penelitian menunjukkan yoghurt dapat melindungi terhadap penyakit gusi. Jika dibiarkan, penyakit gusi dapat meningkatkan risiko seseorang untuk terkena penyakit jantung. Para peneliti dari Jepang menganalisis asupan makanan dari hampir 1.000 orang dewasa dan menemukan mereka yang mengkonsumsi yogurt memiliki gusi yang sehat. Laporan yang diterbitkan dalam Journal of Periodontology mengungkapkan probiotik (alias “bakteri baik”) sebagai salah satu makanan juara untuk kesehatan gusi. Para ahli percaya bahwa probiotik dapat membantu untuk melawan pertumbuhan bakteri di mulut. Probiotik adalah kultur aktif hidup digunakan untuk fermentasi makanan, seperti yoghurt dan kefir (susu fermentasi), dan studi menunjukkan bahwa probiotik juga dapat memperbaiki pencernaan dan meningkatkan kekebalan tubuh, menurut Yoshihiro Shimazaki, DDS, Ph.D., dari Universitas Kyushu.

3. Roti Coklat
Roti cokelat yang dimaksud bukan roti tawar putih yang di isi coklat lho…:) , melainkan roti coklat yang terbuat dari serta gandum utuh. Gandum merupakan makanan yang baik dikonsumsi oleh mereka yang mengalami masalah pada jantung, untuk itu roti olahan yang terbuat dari serat gandum untuh sangatlah baik diberikan untuk mereka yang mengalami penyakit jantung. Anda bisa memadukannya dengan sayuran segar serta buah untuk menambah kandungan vitamin, mineral serta nutrisi lain yang di butuhkan oleh tubuh.

4. Coklat Hitam
Para peneliti telah berhasil menemukan, bahwa coklat kaya akan flavanol yang memiliki efek sebagai pengencer darah, dan juga dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung, serta dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mengurangi peradangan. Orang-orang yang berada didaerah Kuna di Kepulauan San Blas, lepas pantai Panama, telah tercatat memiliki kesehatan jantung yang sangat baik, karena banyak sekali orang yang mengkonsumsi makanan dan minuman yang terbuat dari coklat hitam. Favanol dalam cokelat hitam akan dapat membantu meningkatkan fungsi dan menjaga kesehatan pembuluh darah, sehingga dapat menekan resiko terkena penyakit Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi), Diabetes tipe-2, demensia dan penyakit ginjal. Beberapa penelitian juga menunjukkan, bahwa cokelat hitam ini dapat membantu menurunkan tekanan darah. Senyawa dalam cokelat hitam yang disebut dengan epikatekin, meningkatkan oksida nitrat, zat yang sangat penting sekali untuk kesehatan pembuluh darah. Tingkat berlimpah pada oksida nitrat dapat membantu menjaga tekanan darah agar tetap normal.

Anda bisa membuat sandwich yang dipotong kecil – kecil untuk menu camilan sehat anda setiap hari, dengan mengunakan olahan roti dari serat gandum ini. Isian untuk sandwich anda bisa menambahkan bahan seperti daun bayam, tomat, mentimun, serta bawang merah untuk menambah nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

5. Kismis.
Penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan dalam kismis memerangi tumbuhnya jenis bakteri yang dapat menyebabkan peradangan dan penyakit gusi. Orang yang memiliki penyakit gusi akan mempengaruhi terhadap kesehatan jantung.

6. Kecambah
Kecambah memiliki kandungan yang bisa menyeimbangkan kandungan atau tingkat kolesterol yang berada di dalam tubuh, sehingga mampu menjaga kesehatan jantung anda. Mengkonsumsi kecambah satu mangkok yang ditambah bahan makanan lain seperti bawang merah, tomat serta sayuran yang lain bisa menjadi camilan sehat untuk anda konsumsi setiap hari. Menambahkan tauge pada salad bisa menjadi alternatif sehat yang bisa anda ambil. 

7. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan banyak sekali mengandung vitamin, mineral, lemak tak jenuh tunggal yang dapat menyehatkan jandung dan juga rendah lemak jenuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi almond, kacang-walnut, hazelnut, pecan, kacang pinus, pistachio, dan juga kacang tanah hampir setiap hari mereka memiliki jantung yang lebih sehat dan kuat.

8. Ikan Salmon
Dengan mengkonsumsi ikan salmon sekitar 2-3 porsi dalam 1 minggu, dapat dikaitkan dengan menurunnya resiko terjadinya penyakit jantung koroner untuk jangka waktu yang panjang. Studi menunjukkan, bahwa ikan seperti salmon dan ikan tuna mengandung asam lemak Omega-3 yang sangat baik untuk menurunkan tekanan darah dan juga dapat membantu mencegah irama detak jantung yang tidak teratur (Aritmia). Selain dari ikan salmon dan ikan tuna, kacang kenari, minyak biji rami dan minyak canola juga mengandung Omega-3

Itulah informasi seputar Makanan Yang Baik Bagi Penderita Penyakit Jantung yang dapat saya sampaikan. Semoga saja informasi yang telah saya sampaikan ini dapat bermanfaat bagi anda semua. ( Baca Juga : Obat Penyakit Jantung Koroner Herbal )

Makanan Yang Baik Bagi Penderita Penyakit Jantung

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More